Unduh Aplikasi panas
Beranda / Anak muda / Penulis
Penulis

Penulis

5.0
1 Bab
1 Penayangan
Baca Sekarang

Tentang

Konten

Menurut sebagian orang, menjadi karyawan menjadi pilihan untuk bertahan hidup. menjadi pengusaha dan banyak pekerjaan lainnya. Tetapi di jaman sekarang yang serba mudah ini, menjadi penulis termasuk pilihan yang bagus. Karena dengan menulis kita bisa berimajinasi tentang apa yang kita suka. Dan Adi suka membaca, hobi membacanya membuatnya bisa menghasilkan uang untuk kebutuhannya.

Bab 1 Isi Liburan Dengan Membaca Naskah

“Adi, apakah kamu suka membaca?”

"Ya! Aku sangat menyukainya!"

Maka, Adi mulai bekerja secara diam-diam.

Itu terjadi ketika liburan musim panas tahun kedua sekolah menengahnya berakhir, dipenuhi dengan suara jangkrik yang berisik.

Tiga tahun kemudian...

“Untuk liburan selama seminggu tahun ini, aku akan mengikuti guruku dari klub musik ringan dan mengadakan tur konser luar ruangan.”

“Aku akan pergi berkemah dengan orang-orang yang aku temui di kencan Grup! Ada seorang gadisyang ingin aku rayu di sana, aku akan bekerja keras!”

"Itu bagus. Orang tuaku menemukan beberapa teman di situs pemandian air panas, jadi aku akan dipaksa oleh keluargaku untuk ikut serta dalam perjalanan pemandian air panas. Aku sudah duduk di bangku SMA, namun aku masih perlu mendengarkan ayah aku memberikan khotbah tentang pemujaan sumber air panasnya. Rasanya hampa sekali. Aku juga ingin pergi keluar bersama teman-temanku.”

“… Aku akan pergi ke taman hiburan, akuarium, dan menonton film bersama pacarku.”

"Apa!? Dasar orang normal! Dan kenapa kamu mengerutkan kening, membuat ekspresi 'kencan itu merepotkan'!? Apakah kamu mengejekku?”

“Sial, aku juga ingin punya pacar! Aku ingin mengadakan kencan intim selama liburan!”

Sehari sebelum sekolah libur, di kelas 2 SMA, semua orang dengan penuh semangat mendiskusikan rencana liburan mereka.

“Apa rencanamu, Adi?”

Saat mendengar pertanyaan teman sekelasnya, Adi Khairul yang sedang memasukkan buku pelajarannya ke dalam tasnya menjawab dengan riang:

"Aku? Aku akan bersantai di rumah.”

Teman sekelas yang sedang berdiskusi dengan semangat tinggi tiba-tiba terdiam, lalu semua orang berbicara dengan sedikit heran:

"Apa benar begitu? Bagus sekali, bersantai di rumah juga bagus.”

“Benar, aku bisa menonton koleksi DVD aku, atau bermain game, itu luar biasa.”

Semua orang ikut serta.

Teman-teman sekelas yang Adi kenal semuanya adalah orang-orang yang baik dan penuh perhatian.

“Ya, aku menantikannya.”

Adi memanggul ranselnya dengan senyuman penuh kebahagian.

“Kalau begitu, sampai jumpa setelah liburan!”

Adi berlari keluar kelas sambil melambai.

Benar sekali, aku akan bersantai di rumah selama liburan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan!

Saat Adi mengendarai sepedanya, angin membawa aroma tanaman yang mulai tumbuh ke arahnya. Sambil tersenyum, dia melewati deretan pohon sakura, dan membuka pintu sebuah kediaman biasa berlantai dua.

"Aku pulang!"

Terdengar suara yang meriah.

“Selamat datang kembali Adi, paket dari penerbit sudah tiba.”

Ibunya menjulurkan kepalanya keluar dari dapur.

"Terimakasih Ibu!"

Adi menjawab dengan antusias, matanya tertuju pada tumpukan kardus di samping pintu masuk. Ada tiga kotak! Masing-masing diisi sampai penuh, membuat kotaknya menonjol. Kotak karton berwarna coklat polos itu seolah memancarkan aura tenang dan suci. Sudut mulut Adi terangkat saat dia melihatnya dengan mata berbinar dan bersemangat.

Campuran rasa penasaran dan was-was memenuhi dadanya, dia merasa seolah-olah sedang memulai petualangan yang tidak diketahui.

Adi melepas sepatunya dengan gesit sambil berdiri, dan dengan ransel masih di pundaknya, dia mengangkat salah satu kotak. Tampaknya itu seberat yang terlihat. Itu terasa berat bagi lengan ramping Adi, saat dia membawa kotak-kotak itu menuju tangga dan menaikinya perlahan. Ketika dia sampai di kamarnya, dia memutar pegangan pintu sambil membawa sebuah kotak, membukanya dengan bahu rampingnya dan masuk. Dengan bunyi gedebuk, dia meletakkan kotak dan tasnya di atas karpet dan terengah-engah dengan gembira. Dia kemudian berjalan ke bawah dan membawa dua kotak lainnya ke kamarnya dengan cara yang sama.

Tiga kotak diletakkan berdampingan di kamarnya, dan Adi memandanginya dengan penuh ekspresi.

"Baiklah."

Dia bergumam pada dirinya sendiri dengan penuh semangat dan membuka kotak pertama.

Manifes pengiriman dengan tulisan ‘Naskah Kontes Pendatang Baru Penerbitan Moon Digital (No. 120~140)’ ditempelkan ke dalam kotak. Adi merobek selotip yang menutup tepi kotak yang menggembung itu dan membukanya. Di dalam kotak itu terdapat tumpukan naskah dalam kantong kertas atau paket pos. Semuanya telah dibuka.

Baru-baru ini, banyak penerbit mengambil manuskrip dari surat-surat dan mengirimkan manuskripnya saja. Terkadang, jika kontes hanya menerima pengiriman online, penerbit akan mencetak naskahnya sebelum mengirimkannya ke Adi.

Pekerjaan yang dia ambil dari penerbit bulan lalu mengiriminya laptop untuk membaca naskah. Softcopy karya yang dikirimkan sudah terpasang di dalamnya, dan dia dapat terus menilai karya meskipun dia tidak ada di rumah. Pengaturan seperti itu sungguh nyaman, dan dia merasa tersentuh dengan kemajuan teknologi.

Metode membaca yang terdepan dalam teknologi ini lumayanlah, tapi Adi masih lebih suka melakukan hal-hal seperti itu. Melihat tumpukan naskah dengan ukuran dan format yang bervariasi, ibarat melihat ekspresi penulisnya sendiri. Seorang pengirim dari sekolah menengah menggunakan font kecil untuk mengisi kertas B5 dengan kata-kata yang mungkin dilakukan untuk menghemat uang karena keterbatasan uang saku mereka. Hal ini membuat Adi tersenyum.

Tentu saja, font yang terlalu kecil akan menyulitkan untuk dibaca, meskipun ceritanya adalah sebuah karya besar. Hal ini selalu menyebabkan editor fokus dalam memahami kata-kata dan memengaruhi penilaian. kecil sekali, jadi sebaiknya dicetak dengan ukuran font yang mudah dibaca.

Pertama, Adi mengeluarkan amplop ukuran A4 yang dicetak dengan nama perusahaan penerbit dan mengeluarkan surat itu.

'Kepada semua Editor,

Memo tahap pertama Kontes Pendatang Baru Penerbitan Moon Ketigabelas'

Surat selanjutnya mencantumkan poin-poin penekanan, jumlah kasar pengajuan untuk melewati tahap pertama, dan cara mengisi lembar evaluasi.

Disana juga terdapat contoh lembar penilaian, nomor urut kiriman di dalam kotak, daftar nama penulis dan judul naskah.

Detak jantungnya meningkat saat melihat daftar judulnya, dan ekspektasi Adi mencapai puncaknya dalam sekejap.

'Setelah Mati dan Masuk Neraka, Lima Pengantin Menantiku', judulnya klise namun membuatku ingin membacanya. 'Mutiara di Ujung Alam Semesta', mungkin sebuah cerita fiksi ilmiah, terasa atmosferik dan menyenangkan, seperti sebuah karya yang akan membuat pembacanya meneteskan air mata. 'The Lamb-Like Girl (Fluffy)' adalah komedi romantis yang hangat dan lembut bukan? Aku ingin membacanya! 'Kisah Jenius di Ruang Terkunci', judul yang menarik dan lugas, ini pasti cerita detektif. 'Yang Putus Sekolah, Aku Sensitif Memiliki Curang, Tiba di Dunia Alternatif Ketiga dan Mendapatkan Pacar Ketigaku', sepertinya sangat menyenangkan.

Beragamnya cerita imajinatif membuat Adi tersenyum.

Adi sedang menyaring kiriman untuk tahap pertama Kontes Novel Ringan Pendatang Baru.

Ada berbagai macam definisi untuk novel ringan, tapi biasanya, itu mengacu pada buku dengan sampul dan ilustrasi bergaya manga, bahan bacaan ringan yang menargetkan pembaca remaja. Dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah penerbit novel ringan meningkat pesat, dengan lebih dari seratus buku baru dijual di toko ritel setiap bulannya. Mereka dipasarkan kepada pria atau wanita, dengan lebih dari dua puluh serialisasi yang berfokus secara eksklusif pada penerbitan novel ringan.

Sebagian besar serialisasi menyertakan kontes Pendatang Baru, dan jumlah kiriman meningkat setiap tahunnya. Jumlah pengajuan untuk satu kontes tersebut bahkan melebihi seribu sebelumnya.

Dan tentu saja, penulis ternama pada tahap terakhir proses seleksi tidak bisa membaca semua naskah. Itu sebabnya 90% naskah akan disaring, dan 10% kiriman akan dilanjutkan ke tahap kedua. Rasionya sekitar satu dari sepuluh. Rasio ini berubah tergantung pada serialisasi. Jika ada kebutuhan untuk membiarkan lebih banyak pekerjaan lolos ke putaran kedua, mereka dapat melakukan beberapa penyesuaian. Mengizinkan dua dari sepuluh untuk maju ke babak kedua– atau pada kesempatan yang sangat jarang, membuka pintu air dengan membiarkan tiga orang lolos.

Naskah yang lolos putaran pertama akan diteruskan ke editoran putaran kedua. Banyak penerbit membiarkan editornya mengambil alih bagian ini. Dan yang terakhir, seleksi putaran ketiga dan terakhir akan menentukan karya yang memenangkan kontes.

Adi bertanggung jawab atas seleksi tahap pertama. Yang kuantitasnya paling banyak dan kualitasnya paling rendah.

Lanjutkan Membaca
img Lihat Lebih Banyak Komentar di Aplikasi
Unduh aplikasi
icon APP STORE
icon GOOGLE PLAY