Unduh Aplikasi panas
Beranda / Romantis / Ingin Tenang, Dengan Menumpang
Ingin Tenang, Dengan Menumpang

Ingin Tenang, Dengan Menumpang

5.0
21 Bab
419 Penayangan
Baca Sekarang

Tentang

Konten

Deli ingin mencari ketenangan dari semua masalah yang sedang dihadapinya, dengan cara menumpang hidup di rumah Dena–Adik Kandungnya

Bab 1 Kedatangan Kak Deli

Jam di dinding menunjukkan hampir pukul dua belas siang, cuaca terasa sangat panas hari ini. Alhamdulillah, semuanya selesai tepat waktu sesuai perkiraanku. Mengamati dan memastikan kembali keadaan rumah, rasanya senang melihat semua sudah bersih dan rapi. Sejak pagi, aku dan Nisa bekerjasama menyelesaikan semua pekerjaan rumah.

Satu per satu ku tutup pintu kabinet di dapur. Bahan makanan serta keperluan sehari-hari lainnya, baru saja selesai ditata rapi sesuai tempatnya. Ku lepas rasa lelah dengan duduk bersandar di kursi. Terlintas dalam pikiran ingin menikmati segelas es teh manis, pasti terasa sangat segar di tenggorokan.

Saat ini yang ada di rumah hanya aku dan Nisa–Anak Sulungku. Sejak selesai menyantap sarapan pagi, Bang Hasyim–Suamiku dan Zio–Anak Bungsuku pergi bersama-sama mengikuti kegiatan gotong royong. Hari ini semua warga di sini wajib ikut berperan serta membersihkan saluran air yang tersumbat di ujung komplek perumahan.

Dua hari yang lalu, sedari pagi hingga sore hujan turun sangat deras. Tadi pagi saat aku pergi ke pasar untuk berbelanja, luapan air selokan masih menggenang setinggi mata kaki di depan gerbang masuk komplek. Menurut informasi dari tetangga sebelah rumah, saluran air yang berada di ujung komplek tersumbat oleh banyak sekali sampah.

Perlahan ku aduk seduhan teh di dalam gelas dengan dua sendok makan gula. Dari kulkas, ku ambil beberapa buah es batu kecil kemudian memasukkannya ke dalam gelas. Samar-samar terdengar seperti suara ketukan pintu. Ku hentikan adukan sendok di gelas, mencoba mendengar lebih jelas.

"Assalamu'alaikum …." Kini terdengar suara seseorang mengucap salam.

Nisa yang sedang asyik menonton televisi di ruang keluarga terdengar menyahut salam. Ku lihat dia mematikan televisi, kemudian beranjak pergi ke pintu depan. Ruang keluarga dan dapur rumah tidak ada sekat, apapun yang terjadi di ruang keluarga bisa terlihat dari dapur.

'Wa'alaikumsalam … eh, Tante Deli. Mari masuk, Tante! Sendirian aja, ya?" Sesaat hening, tak terdengar jawaban apapun dari lawan bicara Nisa. Tak lama terdengar seperti suara gesekan benda berat bergeser di lantai.

Ternyata Kak Deli yang datang, tapi tadi tak terdengar suara mobil travel yang mengantarnya. Biasanya dia ke sini bersama anak atau menantunya, kali ini kenapa hanya datang sendirian?.

"Sini, Nisa bantu bawa kopernya!" Santun terdengar suara Nisa menyambut kedatangan Tantenya. Kureguk es teh manis hingga tersisa setengah gelas, setelahnya kembali menajamkan telinga menyimak percakapan Nisa dengan Kak Deli.

"Iya, Nisa. Terimakasih, loh, hati-hati berat! Makin tinggi aja kamu, Nisa. Kok, malah jadi kelihatan kurus banget. Nggak bagus tahu, kurus kayak gini!" Teganya Kak Deli mengomentari tubuh Nisa. Seolah sangat perhatian pada keponakannya itu, padahal di telingaku terdengar seperti sedang menghinanya.

"Nih ada sedikit oleh-oleh dari kampung, kasih sana ke Mamak mu!" titah Kak Deli.

Sesaat tak terdengar apapun, aku mengernyitkan kening.

"Ngapain lagi kamu, Nisa? Sana, cepat panggil Mamakmu!" hardik Kak Deli pada Nisa. Aku tersentak. Sebenarnya apa yang telah dilakukan Nisa, sehingga Kak Deli meninggikan suaranya.

Baru saja hendak beranjak, derap langkah Nisa terdengar semakin dekat. Yang pertama terlihat adalah raut wajahnya yang murung dan juga kesal. Anak perempuanku yang mulai beranjak remaja ini, tertunduk lesu melangkah ke arahku.

"Mak … Tante Deli sudah datang! Bawa koper besar, loh! Nisa bantu angkat tadi, ternyata berat banget. Jangan-jangan ... isinya batu!" celetuk Nisa dengan polosnya.

Hah! Koper Besar? Apa Kak Deli berencana tinggal lama di rumahku? Apa terjadi sesuatu di kampung, atau Kak Deli hanya ingin liburan saja. Aku terus menduga-duga, apa sebenarnya tujuan kedatangan Kak Deli ke sini. Semakin dipikirkan rasanya sangat aneh, tak mungkin Kak Deli meninggalkan usaha warung makan yang dikelolanya di kampung.

Usaha warung makan itu dulunya milik almarhum Ibu, Kak Deli meneruskannya setelah kondisi kesehatan Ibu semakin memburuk. Dari hasil usaha warung itu lah, Kak Deli mencukupi kebutuhan hidup dia dan anak-anaknya.

Nama ku Dena, aku saudara satu-satunya Kak Deli. Ibu kami sudah wafat 10 tahun yang lalu, sedangkan Ayah sudah menikah lagi setahun setelah Ibu wafat.

Seketika lamunanku buyar, saat Nisa menyentak lenganku pelan.

"Mak … dengar Nisa, tidak?" rengeknya.

"I–iya, Sayang! Mamak dengar, kok."

"Tadi Tante Deli sempet-sempetnya komentar, kalo Nisa terlalu kurus. Lah, emangnya Nisa kurus banget, ya? Nyinyir banget sih mulut Tante Deli, Nisa nggak suka!" Setengah berbisik Nisa berbicara, seperti takut terdengar oleh Kak Deli. Ternyata Nisa paham dan masih ingat tabiat Tantenya itu.

"Nisa nggak lupa, kan? Apa pesan Mamak, bila ada yang memperlakukan Nisa seperti Tante Deli tadi? Ambil nafas tiga kali dari hidung, dan hembuskan dari mulut. Ucap Istighfar sebanyaknya dalam hati, terus … kasih deh senyum termanis yang Nisa punya!" Kuusap-usap bahunya menenangkan, menatap gemas wajahnya yang mulai tersenyum.

Nisa mengulurkan tangannya padaku, memberikan satu bungkusan plastik yang dibawanya.

"Nih Mak, Tante Deli bilang ini buat Mamak! Oleh-oleh dari kampung katanya, boleh Nisa lihat tidak apa isinya?" Pasti dia mengira isi plastik ini jajanan kampung kesukaannya. Camilan adalah makanan favorit Nisa, kalau belum dapat yang diinginkannya pasti akan terus menggangguku.

"Kalau isinya camilan bolehlah, ya, Nisa minta? Buat besok dibawa ke rumah Lia, jadi Mamak besok nggak perlu bikinkan Nisa camilan lagi." Tuh kan benar dugaan ku. Belum lagi sempat menjawab, Nisa sudah merebut plastik yang diberikannya tadi. Padahal aku sendiri belum melihat apa isi di dalamnya.

"Eh … anak ini, main rebut aja! Sana bilang Tante Deli, tunggu sebentar. Mamak mau ganti baju dulu!" Nisa mendengus kesal, terpaksa memberikan lagi plastik berisi oleh-oleh itu kepadaku.

Dari dalam kamar, samar ku dengar Nisa mengobrol dengan Kak Deli. Entah apa yang mereka bicarakan, aku tak bisa mendengar dengan jelas.

Selesai berganti pakaian dan sedikit memoles wajah agar tak terlihat pucat. Aku tersentak saat hendak melangkah keluar kamar, tiba-tiba saja Nisa sudah menghadang di depan pintu. Matanya mengamatiku dengan seksama, seperti sedang mencari-cari sesuatu.

"Mana Mak bungkusan tadi, apa sih isinya? Nisa mau, Mak!" Alisnya dinaik turunkan, tangan kanannya diangkat setinggi dada menadah padaku, sedang tangan kirinya berkacak pinggang. Tingkah Nisa membuatku tertawa terbahak-bahak, ada saja ulahnya di rumah selama libur sekolah ini.

"Tuh, Mamak taruh di atas meja dapur." Tanganku menunjuk ke arah plastik yang dicari Nisa.

"Makan siang dulu, Mamak sudah masak lauk kesukaanmu. Itu oleh-oleh bisa dimakan nanti saja, tunggu Adek sama Bapak pulang, ya!" sambungku lagi.

"Iya, Mak! Oh iya, Jadi nanti malam Nisa tidur sama Tante Deli, ya? Nisa tidur sama adek Zio aja, ya, Mak?" Mulut Nisa mencebik, tangannya menggoyang-goyangkan lenganku berusaha membujuk.

Ku sentil ujung hidung Nisa, mengacak-acak rambut pendeknya agar dia segera menyingkir dari depan pintu kamar. Nisa memasang raut wajah sedih, terlihat kecewa karena aku tak mau memenuhi permintaannya.

Di ruang tamu, terlihat Kak Deli duduk santai di sofa. Sepertinya tengah asyik menonton sesuatu di ponselnya.

Sebenarnya aku kaget dengan kedatangannya yang tiba-tiba. Biasanya Kak Deli akan memberi kabar jauh hari sebelum keberangkatannya, bila ingin mengunjungiku di sini. Tadi malam, setelah adzan isya berkumandang Kak Deli menelponku. Katanya baru saja berangkat dari rumah, akan menuju kota tempat tinggal ku sekarang.

Aku tak sempat menanyakan apa-apa, takut Kak Deli tersinggung dan marah. Tabiatnya yang mudah marah dan keras kepala, membuatku berpikir berulang kali untuk bertanya. Daripada nanti dapat amukannya saat sampai di rumahku, lebih baik aku diam dan mengiyakan saja ucapannya.

Setelah panggilan berakhir, langsung saja ku beritahukan hal ini pada Bang Hasyim. Dia hanya mengangguk saja, tanda bahwa setuju dan tak keberatan akan kedatangan Kak Deli.

"Maaf, ya! Kakak jadi menunggu lama. Dena baru selesai beresin dapur, mumpung hari minggu," celotehku pada Kak Deli. Yang ku ajak bicara terkesan cuek dan tak peduli.

"Kamar yang biasa ku tempati sudah siap, kan? tanya Kak Deli tanpa melihat ke arahku sama sekali.

"Se–sementara, Kak Deli sekamar sama Nisa dulu, ya? Di kamar tamu banyak stok barang pesanan pelanggan, rencananya nanti sore baru diambil pemiliknya, Kak!" Aku tersenyum kecut, saat Kak Deli spontan menoleh kearahku. Wajahnya memancarkan rasa tak suka atas jawabanku tadi.

"Ya sudah, bilang Nisa tolong bikinin minuman dingin dan bawakan ke kamar. Aku mau istirahat dulu, capek banget rasanya!" Pandangan Kak Deli tak lepas dari layar ponsel, dia perlahan beranjak menuju koper yang diletakkan Nisa didekat meja tamu.

"Kenapa Kak Deli tak langsung memintaku menyiapkan minuman yang dimintanya, malah menyuruhku bilang ke Nisa? Aneh!" Monolog ku sambil menggelengkan kepala.

Langkahku terhenti, saat hendak beranjak menuju dapur. Ku perhatikan apa yang sedang dilakukan Kak Deli. Raut wajahnya tak menunjukkan kelelahan, penuh senyum seperti sedang kasmaran. Dengan pandangan masih ke layar ponsel, Kak Deli melangkah tertatih menyeret koper besar menuju ke kamar Nisa.

Di dapur, kuambil sebotol minuman dingin dari dalam kulkas. Membuka tutup botol dan menuangkan isinya ke dalam gelas. Di atas nampan bermotif bunga, ku letakkan setoples nastar keju beserta gelas berisi minuman dingin tadi.

Saat hendak beranjak membawa nampan, terasa getar ponsel di saku gamisku. Di layar terlihat ada pesan masuk, rupanya dari Bang Anto. Keningku mengernyit, tak paham dengan isi pesan itu.

Belum hilang kebingunganku, dering panggilan masuk di ponsel membuatku tersentak. Tertera nama Bang Anto, namun tak langsung ku terima panggilan teleponnya. Aku bergegas membawa nampan menuju ruang keluarga, terlihat Nisa sedang menonton tayangan televisi.

"Nisa … tolong antarkan ini ke Tante Deli di kamarmu, ya. Jangan lupa, ketuk pintu terlebih dahulu!"

"Siap … Mak!" Nisa langsung beranjak mendekat. Dengan sigap dia mengambil nampan di tanganku, kemudian melangkah pergi menuju kamarnya. Alhamdulillah, aku sangat bersyukur Nisa tak pernah protes dan mengeluh saat diminta bantuan apapun.

Dering ponsel masih terdengar, ku percepat langkah menuju kamarku. Jemariku menggeser tombol hijau di layar ponsel, setelah sebelumnya pintu kamar ku pastikan tertutup rapat dan terkunci.

Lanjutkan Membaca
img Lihat Lebih Banyak Komentar di Aplikasi
Unduh aplikasi
icon APP STORE
icon GOOGLE PLAY